PENCEGAHAN STUNTING DESA KESENENG



Desa Keseneng Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo yang terletak dibawah Gunung Kembang, dengan jarak tempuh menuju pusat kota sekitar 9 Kilometer. Letak geografis yang berupa tanah pegunungan dimanfaatkan oleh warga desa keseneng untuk bertani, 92 % penduduk desa Keseneng bermata pencaharian sebagai petan, dengan berbagai komoditas unggulan berupa sayur-sayuran seperti cabai, kol kubis dan lainnya.

Dibalik sumber daya alam yang melimpah warga desa Keseneng dihantui akan adanya gangguan kesehatan, salah satu yang menjadi perhatian utama yaitu Stunting yang dilatar belakangi oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Kesibukan sebagai petani membuat warga mengesampingkan masalah kesehatan yang bisa berdampak pada pertumbuhan
  • Masih banyaknya pernikahan di usia dini yang bisa menyebabkan kurangnya pengetahuan tentang kesehatan
  • Sebagian masyarakat masih belum mengetahui tentang penaganan pencegahan stunting dimulai dari dalam kandungan hingga bayi lahir atau 1000 hpk.
  • Masih minimnya pengetahuan tentang informasi mengenai pengertian stunting serta pencegahannya.

Dengan diselenggarakan penyuluhan tentang tanda-tanda, cara penanganan dan cara pencegahan mengenai stunting melalui kegiatan posyandu, serta kegiatan kemasyarakatan lainya seperti kegiatan PKK, kegiatan RT, pengajian diharapkan masyarakat akan paham mengenai stunting, salah satunya melalui program posyandu HI.

Proses

  • Bidan desa berkoordinasi dengan perangkat desa beserta elemen kesehatan masyarakat untuk melakukan kegiatan posyandu rutin dan aktif
  • Bidan desa melalui kader Pkk serta dawis melakukan pertemuan rutin dengan masyarakat melalui posyandu
  • Posyandu dilaksanakan secara rutin untuk memberikan informasi kesehatan yang update terkait dengan stunting
  • Pertemuan antara bidan desa, kader, ibu hamil serta anak-anak balita di polindes dengan materi tentang stunting, bagaimana dengan gejala stunting, cara pencegahannya agar terhindar dari stunting
  • Pemerintah desa beserta jajarannya berkordinasi memberikan fasilitas terkait kebutuhan yang diperlukan terutama hal pendanaan
  • Seluruh warga menerapkan tentang kehidupan sehat pencegahan stunting secara mandiri dikehidupan keluarga masing-masing

Hasil

  • Dengan gencarnya penyuluhan serta identifikasi mengenai stunting sedari dini kini warga masyarakat mengetahui tentang gejala serta cara pencegahan apabila ada anggota keluarga maupun lingkungan mereka yang mengalami gejala stunting. Dengan terfaslitasinya kegiatan pencegahan stunting di Desa Keseneng warga makin bersemangat untuk senantiasa menjaga kesehatan keluarga.
  • Terpantaunya tumbuh kembang balita, baik dari segi gizi maupun kesehatannya kerana pertumbuhan balita lahir dimulai sejak balita masih dalam kandungan.
  • Keberhasilan posyandu desa Keseneng sudah memiliki prestasi sampai ke tingkat nasional

Kesadaran serta keingintahuan tentang masalah kesehatan menjadi kunci utama dalam mengatasi masalah kesehatan yang muncul masyarakat. Kesehatan merupakan harta yang tidak dapat dibeli dengan apapun, menjaga serta mencegah munculnya gejal gangguan kesehatan merupakan cara agar terhindar dari munculnya berbagai penyakit.

Pemberian makanan sehat serta gizi berimbang sejak bayi masih dalam kandungan merupakan cara terbauk mencegah stunting, serta menghindari stress ketika hamil berpengaruh besar dalam tumbuh kembang bayi hingga bayi dapat melalui tahap emas pertumbuhan dengan baik.


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 081327327446
Email:  keseneng.mojotengah@gmail.com
Website: https://keseneng-mojotengah.wonosobokab.go.id

Jl. Soepardjo Rustam km. 06 Desa Keseneng , Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo