Sejarah Desa

Desa Keseneng berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya. Diperkirakan berdiri pada abad 18 ketika terjadi perang Diponegoro melawan Belanda, sehingga desa Keseneng lahir sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Hingga saat ini pemerintah desa Keseneng belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan tahun berdirinya Desa Keseneng. Sejarah Desa Keseneng hanya bisa dirunut berdasarkan cerita lisan yang berkembang secara turun menurun di tengah masyarakat, bahwa Desa Keseneng didirikan oleh seorang prajurit pengikut Pangeran Diponergoro pada abad ke 18 yang berasal dari Yogyakarta. Siapa nama prajurit tersebut, hingga saat ini belum ada dokumen dan bukti sejarah yang menorehkan nama pendiri Desa Keseneng pada saat itu.

Menurut riwayat dari cerita yang berkembang di masyarakat, Desa Keseneng merupakan desa pindahan dari Desa Bantir. Perpindahan itu dikarenakan Desa Bantir mengalami wabah penyakit dan bencana alam tanah longsor yang mengakibatkan sebagian rumah hilang. Kemudian setelah terjadi tanah longsor ada penduduk yang menggembala kambing sampai lokasi Desa Keseneng pada saat ini. Mereka yang berpindah ke Desa Keseneng merasa cocok (seneng) dengan lokasi tersebut. Sehingga mereka memutuskan untuk berpindah dan menetap ke tempat yang sekarang menjadi Desa Keseneng.

Sejarah ini ditulis berdasarkan cerita secara turun-temurun. Salah satu narasumber yangmenjadi rujukan penulisan sejarah Desa Kesenengadalah Sekdes Keseneng periode 1977-1987 yaitu Bapak Prapto Diharjo.

Sejarah Desa Keseneng

Asal-Usul Pembentukan DesaDesa Keseneng berdiri pada tahun yang tidak diketahui sejarahnya. Diperki



Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 081327327446
Email:  keseneng.mojotengah@gmail.com
Website: https://keseneng-mojotengah.wonosobokab.go.id

Jl. Soepardjo Rustam km. 06 Desa Keseneng , Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo